Ready to become The Best among The Best

SD PLUS AL-MUHAJIRIN PURWAKARTA

Banner 728x90px

Kamis, 04 Juli 2019

Tahfidz On Vacations (TOV)


Tahfid on Vacation (ToV) adalah sebuah kegiatan positif yang berkaitan dengan hafalan qur’an yang dimiliki siswa dengan tujuan utamanya adalah memperkuat dan menambah hafalan quran dengan murojah qur’an selama liburan dan menjadikan peserta didik menjadi generasi Qur’ani.


Tahfidz on Vacation (ToV) dilaksanakan oleh Guru-guru Tahfidz dengan menggunakan metode Ummi dengan teknik murojaah yang dilakukan setiap hari oleh guru dan peserta didik.

muraja’ah yakni mengulang-ulang hafalan, ada dua cara dalam melakukan muraja’ah yakni sendiri dan dapat pula dilakukan berpasangan sesama peserta didik putra atau putri dalam pengawasan pendidik.

Disamping itu, dalam kegiatan ini disisipi kegiatan lain seperti games islami dan outbond al-Qur’an yang semuanya dilakukan untuk menggantikan ketergantungan para peserta didik terhadap alat komunkasi seperti gadged atau handphone saat ini yang sudah mulai terasa dampak negatifnya merusak pola pikir dan pisik peserta didik.


Tahfidz on Vacation (ToV) dilaksanakan di SD PLUS 1 AL-MUHAJIRIN yang berlokasi di Jl. Veteran No. 155 Kebon Kolot Purwakarta. TOV dilaksanakan setiap liburan siswa baik itu pertengahan semester atau setiap akhri semester (kenaikan kelas). Mengingat tidak semua siswa pada saat libur mereka tidak semua berliburan, maka kami para pendidik dan pengajar tahfidz melaksanakan kegiatan ToV ini sebagai sarana memanfaatkan waktu libur untuk lebih mengenal Qur’an dan memperdalam Ilmu Qur’an degnan sedikit biaya dan segudang manfaat.

ToV melibatkan beberapa unsur dari kalangan pendidik/Pengajar Tahfidz, Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab, peserta didik dan sponsor jika ada.

Tahfidz on Vacation ini pada dasarnya sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin mempelajari dan memperdalam al-Qur’an. Bagaimana tidak, karena untuk membentuk generasi Islam yang qur’ani salahsatu usahanya adalah dengan diselenggarakannya ToV, alasan lain adalah bahwa membumikan al-Qur’an dan mendakwahkannya adalah kewajiban kita sebagai pribadi muslim.


Adapun tujuan Tahfidz on Vacation ini adalah sebagai berikut:

Bagi Orang Tua/Wali Santri/Murid
·                     Ikut aktif dalam proses ToV dengan cara mengikuti hafalan dan bacaan al-Quran putra-putri tercinta.
·                     Ikut aktif dalam membentuk lingkungan rumah yang kondusif bagi putra-putri dalam menghafal Quran dan menjaganya.
·                     Ikut aktif memantau perkembangan putra-putrinya dalam hafalan qur’an.
·                     Terlibat aktif bersama pembimbing dan tim pengajar di ToV untuk keberhasilan putra-putrinya  dalam mengikuti ToV (Sharing).
Bagi Orang Tua/Wali Santri/Murid
·                     Mampu membaca al-Quran sesuai tajwid beserta ilmunya sesuai dengan tingkatannya.
·                     Mampu menghafal al-Qur’an sesuai dengan kemampuannya/tingkatannya
·                     Mencintai al-Quran dengan menyenangi bacaan al-Qur’an  dan mendengarkannya dimanapun berada serta membacanya.
·                     Memiliki akhlakul karimah yang sesuai dengan ajaran-ajaran Qur’an
·                     Tumbuhnya adab seorang penuntut ilmu (thalib) seperti: Cinta Qur’an, membaca qur’an, cinta buku, gemar menghadiri majlis ta’lim, gemar di masjid, hormat kepada orang-orang berilmu, dll.

0 komentar:

Posting Komentar