SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SD PLUS AL-MUHAJIRIN PURWAKARTA

Jumat, 15 Oktober 2021

Bahasa Arab Mudah dan Keren


Sore ini Selasa 12/10/2021 menghadiri sebuah acara Launcing Buku Serial Al-Lisan Al-Umm, buku pembelajaran Bahasa arab yang dikemas lebih kekiniaan dengan materi lebih fresh, yang diselenggarakan ARLIC (Arabic Lingual Centre) di Hotel Kartika Candra Jakarta.

Dalam acara tersebut menghadirkan beberapa pembicara yang cukup terkenal diantaranya KH Yusuf Mansur Pesantren Darul Quran, KH Said Aqil Al Munawar Guru Besar UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta, DR. Ifa Faizah Rahmah, M.Pd Ketua Yayasan Al Muhajirin Purwakarta, Rita Febrianta, M.Pd IAIN Padang dan sederetan pembicara lainnya.

Dalam perbincangan santai tersebut dibahas berbagai kendala dan prospekt pembelajaran Bahasa Arab, setidaknya ada beberapa factor yang menyebabkan Bahasa Arab saat ini di Indonesia dianggap memepelajarinya sulit dan tidak keren, karena disebabkan metode pembelajaran serta bahan ajar Bahasa Arab yang saat ini beredar dimasyarakat adalah metode dan bahan ajar yang sudah sangat ketinggalan atau kurang update, sehingga kesannya Bahasa arab itu sulit.

Setelah dibedah berdasarkan pengalaman para pemateri, ternyata Bahasa Arab bagi bangsa Indonesia sebenarnya sangat mudah, dikarenakan ada banyak factor keterikatan, diantaranya keterikatan Ibadah, dimana hampir semua bacaan dalam Iabadah menggunakan Bahasa Arab, dan tentunya Al Quran yang banyak dibaca kaum Muslimin berbahasa Arab. Berikutnya keterikatan sejarah dan budaya, hal ini bisa dirasakan dari banyaknya serapan kosakata yang berasal dari Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia, sehingga ketika mempelajari Bahasa Arab ada banyak kosakata yang sudah kita miliki karena terdapat dalam Bahasa Indonesia.

Pada paparan berikutnya menampilkan gambaran bahawa Bahasa Arab itu adalah Bahasa global yang kekinian dan menjadi Bahasa Bisnis, Bahasa Pergaulan Global dan Bahasa Diplomasi, bahkan saat ini dengan membanjirnya investor timur tengah di Eropa, Bahasa Arab menjadi Bahasa asing yang paling banyak dipelajari dan diminati oleh Bangsa Eropa.

So tugas kita saat ini memberikan pencerahaan kepada masayarakat dan generasi muda bahawa belajar Bahasa arab itu mudah, kekinian dan diperlukan untuk mengarungi tantangan persaingan global dimasa yang akan datang.   

 

0 comments:

Posting Komentar