SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SD PLUS AL-MUHAJIRIN PURWAKARTA

Kamis, 04 Agustus 2022

Ektra-Kurikuler

 


Kurikulum cenderung berubah untuk mengimbangi perilaku masyarakat di lingkungan sekitar. Dengan Kurikulum Merdeka saat ini mudah-mudahan mampu mewadahi minat, bakat dan kemampuan peserta didik. Ada sebuah kegiatan di sekolah yang harus menjadi perhatian penuh selain pelajaran formal akademik sekolah. Perhatian ini wajib diutamakan juga oleh para stakeholder, para pemangku kepentingan sekolah atau pendidikan juga oleh seluruh warga sekolah. Adalah ekstrakurikuler yang menjadi target setelah pendidikan akademis di sekolah.

Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang ada di lingkungan sekolah untuk melihat potensi, memupuk, meningkatkan  minat, bakat dan kemampuan peserda didik sebagai bagian dari pendidikan karakter. Tidak sedikit para pelajar menemukan gairah hidup karena minat, bakat dan kemampuannya terus berkembang karena kegiatan ektrakurikuler ini bahkan hingga mampu berprestasi mulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten, tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

Begitulah pendidikan seharusnya. Pendidikan tidak hanya menyasar pada ranah kogntif saja, artinya hanya mengedapankan kemampuan dan kecerdasan otak tapi harus mampu mengkover semua aspek kognitif, afektif, psikomotorik.


0 comments:

Posting Komentar