SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SD PLUS AL-MUHAJIRIN PURWAKARTA

Selasa, 23 Agustus 2022

Melebur Ego Teamwork

Kerja sama terkadang menjadi sebuah kegiatan yang masih banyak dihindari oleh beberapa orang di lingkungan pekerjaan. Namun, mengapa orang-orang tersebut masih mempertahankan sikap seperti itu? Padahal, banyak sekali keuntungan yang dapat diterima dari bekerja sama dalam satu tim, baik untuk diri seseorang dan juga organisasi. Tidak hanya menawarkan kesempatan yang luar biasa untuk perkembangan profesionalitas, tetapi kerjasama tim juga berarti anda bisa membuat pekerjaan terasa lebih ringan dan mudah.


Kekuatan   dari   sebuah   tim  adalah   saling   mengisi   kekosongan   dari masing-masing anggota. Anggota A mengisi bagian yang tidak mampu dikerjakan  oleh anggota B, atau sebaliknya. Fungsi saling mengisi inilah yang kemudian memunculkan kinerja yang sangat baik yang berorientasi pada pencapaian  tujuan. Tentunya  atmosfir dalam  tim yang dibangun adalah jiwa  bersama dengan melebur semua perbedaan latar belakang. Kemudian menyingkirkan ego pribadi demi  kemajuan tim.

Mencapai target adalah tujuan semua anggota tim, tanpa melibatkan ego pribadi-pribadi  yang ada.  Pencapaian itu bukan milik satu orang, bukan jasa satu orang, melainkan milik semua anggota tim. Dengan berbagai ego yang ada di  dalam  sebuah tim dan berasal  dari berbagai  latar belakang yang berbeda, akan  membuat  tim  menjadi kokoh dan kuat. Namun hal ini patut  diwaspadai pula oleh si pemimpin. Salah melakukan pendekatan  dapat mengakibatkan perpecahan, ujungnya sudah dapat ditebak kerja sama tim tidak akan pernah tercapai.

Sayangnya jika terdapat satu orang di dalam tim yang masih kuat dengan egonya.  la  akan  berusaha  tampil   sendirian  di  depan  meninggalkan timnya.  Ini yang  harus diwaspadai, sebab akan  membuat  irama  kerja tim berantakan. Layaknya sebuah orkestrasi bila ada satu musisi yang memainkan instrumennya sembarangan, akan membuat komposisi musiknya tak enak didengar.

Leburlah  ego  dan  perbedaan  agar  kerja  sama  tim  mencapai  target terpenuhi. Simak!

  1. Teamwork adalah kerjasama dalam tim yang biasanya dibentuk dari beragam latar belakang dan berbagai kepentingan yang melingkupinya
  2. Sama-sama  bekerja  bukanlah  merupakan  teamwork.  Sama-sama kerja adalah kerja individu.
  3. ngatlah bahwa  filosofi teamwork adalah'saya mengerjakan apa yang Anda tidak bisa  dan  Anda  mengerjakan apa yang  saya tidak bisa'
  4. Camkanlah dalam  hati bahwa  ketika berada dalam teamwork, segala ego  pribadi, sektoral, harus  total disingkirkan.
  5. Dalam  teamwork yang   dikejar  adalah   untuk dicapai  adalah  target bersama,  bukan  individu.
  6. Keragaman  individu  dalam   teamwork  memang  sebuah  nilai  plus, tapi hati-hati keragaman ini dapat pula menjadi minus jika tidak ada saling  pengertian.
  7. Saling  pengertian  terhadap  karakter  masing-masing  anggota  tim akan  menjadi  modal sukses  bersama.
  8. lndividu yang  egois mengejar target pribadi, akan  dapat menghambat keberhasilan team.
  9. Keahlian  masing-masing  sungguh  menjadi  anugerah  dalam teamwork yang  akan  mempercepat proses  pencapaian target.
  10. Kendalikan  ego   dan   emosi  saat  bersama  agar   pergesekan  tidak berujung pada  pemboikotan  kerjasama.
  11. Dengan pemahaman yang  tinggi mengenai karakter individu dalam team,  maka  realisasi target tidak perlu waktu yang  lama.
  12. lngatlah  selalu  bahwa  teamwork makes  the dream  work.


0 comments:

Posting Komentar